of x

VET in Finland (Education Policy)

Published on 2 weeks ago | Categories: Documents | Downloads: 0 | Comments: 0

Comments

Content

 

Vocational Education and Training in Finland Chapter 2

by Pangadongan Elfin Pujianto

2. TUJUAN DAN PRIORITAS KEBIJAKAN PENDIDIKAN Masyarakat Finlandia disamping membentuk pengetahuan dan keterampilan juga menanamkan nilai-nilai moral seperti halnya, kejujuran, toleransi, persamaan gender, tanggung jawab terhadap lingkungan, dan nasionalisme. Setiap orang mendapatkan hak yang sama didalam pendidikan berdasarkan kemampuan serta mengacu pada prinsip belajar sepanjang hayat. Setiap empat tahun, pemerintah membuat kebijakan-kebijakan sebagai panduan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dimasa depan, dimana pada rencana strategis lima tahun ini lebih didasarkan pada asas  politik guna perkembangan dan perbaikan dunia pendidikan beberapa tahun kedepan. Rancangan  perbaikan perkembangan pendidikan dan pelatihan di tahun 2003-2008 memprioritaskan pada hal-hal  berikut: Meningkatkan sistem pendidikan •



Meningkatkan kesempatan belajar baik dalam bidang umum maupun kejuruan secara serempak  dalam penentuan jalur pendidikan. Meningkat Menin gkatkan kan kerjasama kerjasama antara antara politekn politeknik ik dan universi universitas tas serta serta memperjel memperjelas as peran dian diantara tara keduanya.



Mengembangkan pendidikan dan pelatihan tingkat menengah kedalam sistem yang merespon kebutuhan individu anak dan kebutuhan dunia kerja.



Menemukan jalan untuk menata prioritas pembelajaran disemua level pendidikan

Konten dari pendidikan dan pelatihan, serta metode pembelajaran •

Menciptaka Menci ptakan n konten konten pendidika pendidikan n yang lebih relevan relevan den dengan gan perk perkemban embangan gan dunia, dunia, dan ikut  berperan dalam kerjasama internasional internasional dan keberagaman budaya.



Meningkatkan pembelajaran tuntas dan pembelajaran yang berbasis pada kebutuhan individu, serta meningkatkan meningkatkan layanan layanan konselin konseling g kepada kepada siswa siswa agar berm bermanfaat anfaat bagi pemilihan pemilihan juru jurusan san diawal pendidikan.



Mengembangkan kewirausahaan dengan meningkatkan hubungan antara pendidikan dan dunia kerja, kerj a, mensejahte mensejahterakan rakan guru, guru, membe memberikan rikan pengetahu pengetahuan an kewirausah kewirausahaan aan kepad kepadaa konselor konselor serta serta memastikan penerapan konten pendidikan dan metode pembelajaran yang terbaik.

 

Vocational Education and Training in Finland Chapter 2

by Pangadongan Elfin Pujianto



Meningkatkan kualitas dari praktek kerja dan pembelajaran berbasis unjuk kerja.



Menyediakan lebih banyak pilihan yang fleksibel guna memelihara serta meningkatkan keahliankeahlian kejuruan di dunia kerja.



Meningkatkan Meningkat kan pengajara pengajaran n bagi pembimbin pembimbing g serta serta siswa siswa dengan dengan berdasark berdasarkan an pada kebutuhan kebutuhan individu, dan keberagaman peserta didik, juga meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran.

Misi pendidikan bila ditinjau dari segi angka •

Menjamin bahwa ditahun 2015 proporsi umur 25-29 tahun yang mempunyai kualifikasi tingkat kedua (setingkat SMA di Indonesia) akan meningkat dari yang semula 85% menjadi 90%, dan  pada umur 30-34 tahun yang berkualifikasi minimal perguruan tinggi meningkat dari yang awalnya 40% menjadi 50%.



Menyediakan Menye diakan kesempatan kesempatan untuk untuk menye menyelesa lesaikan ikan pendidik pendidikan an tingkat tingkat kedua kedua (seti (setingka ngkatt SMA di Indonesia) guna meningkatkan kualifikasi gelar pada pelatihan kejuruan tingkat pertama.



Memastikan ditahun 2008, 25% 25% dari siswa baru politeknik dan 2-3% dari siswa baru universitas lulus melalui kualifikasi jalur pendidikan kejuruan.



Memastikan kesetaraan gender pada pendidikan umum dan pendidikan kejuruan tingkat kedua.



Memfasilitasi kewajiban belajar serta pelatihan untuk semua, sehingga ditahun 2008 sekurangkurang kur angnya nya 96 96% % dari dari alumni alumni sekol sekolah ah umum umum memula memulaii pendid pendidika ikan n tingka tingkatt keduan keduanya ya di jalur  jalur   pendidikan kejuruan kejuruan dan pelatihan, atau pada sek sekolah olah lanjutan yang berorientasi berorientasi kerja.

Sejak Sej ak agustu agustuss 2006, 2006, keahl keahlian ian yang yang sifat sifatnya nya un unjuk juk kerja kerja akan akan dimili dimiliki ki semua semua kualif kualifik ikasi asi lulus lulusan an  pendidikan kejuruan dan pelatihan yakni pada lulusan pendidikan tingkat kedua, ini sebagai jalan untuk  mening men ingkat katkan kan serta serta memast memastika ikan n kualit kualitas as yan yang g ada. ada. Sis Siswa wa ak akan an menunj menunjukk ukkan an bagaim bagaimana ana ia dapat dapat meningkatkan keahliannya pada bidang-bidang kejuruan yang mereka tekuni dan mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan apa yang ada di dunia kerja saat ini, keahlian-keahlian tersebut akan meningkat sejalan dengan masa pendidikan dan pelatihan yang mereka jalani, serta akan senantiasa terselenggara hubungan antara keahlian yang mereka miliki dengan situasi nyata di dunia kerja.

 

Vocational Education and Training in Finland Chapter 2

by Pangadongan Elfin Pujianto

Adapun fokus pemerintah saat ini yakni pada proses pembiayaan di dunia pendidikan, setelah masa empat tahun penerapannya dimana telah terintegrasi di tahun 2006 dan telah dimasukkan kedalam unit system  pendanaan pendidikan, pendidikan, pemerintah kemudian menyesuaikan alo alokasi kasi pembiayaan pendidikan dengan dengan besar  anggaran yang dimilikinya.

Sponsor Documents

Hide

Forgot your password?

Or register your new account on INBA.INFO

Hide

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Back to log-in

Close